Jumat, 25 September 2009

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang adalah tajuk salah satu promosi wisata tengah gencar dilakukan di Pandeglang. Kenali Pandeglang karena merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten, Indonesia dimana banyak sekali memiliki objek wisata menarik untuk anda kunjungi. Kabupaten Pandeglang diapit oleh Kabupaten Serang di sebelah Utara, Kabupaten Lebak di Timur, Selat Sunda di sebelah Barat dan Samudra Hindia di Selatan. Wilayahnya meliputi Pulau Panaitan (di sebelah barat, dipisahkan dengan Selat Panaitan), serta sejumlah pulau-pulau kecil di Samudra Hindia, termasuk Pulau Deli dan Pulau Tinjil. Semenanjung Ujung Kulon merupakan salah satu objek wisata unggulan Pandeglang di ujung paling barat Pulau Jawa, dimana terdapat suaka margasatwa bagi salah satu hewan dilindungi; badak bercula satu yang kini hampir punah. Menarik bukan, untuk itu melalui blog kenal pandeglang mari kita kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang.



Kurang lebih 114 Km dari ibukota Jakarta, kunjungi Kabupaten Pandeglang dengan beberapa rute alternatif. Kenali satu yang tercepat diantaranya lewat Tol Jakarta - Merak melalui pintu keluar Serang Barat, dengan melewati ibukota Provinsi Banten melalui jalan raya Serang-Pandeglang adalah rute terdekat yang dapat ditempuh kendaraan selama kurang lebih 20 menit saja. Sepanjang jalan raya ini kenali hamparan area persawahan, kedai makanan khas dan "saung" atau pondok untuk berteduh ataupun beristirahat. Pasar Pandeglang akan menyapa sebelum anda kunjungi pusat kota Pandeglang ditandai dengan kehadiran Alun-alun sebagai sarana memasyarakatkan olah raga bagi warga sekitarnya. Dengan kita kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang lebih dekat, maka semakin banyak objek wisata di Pandeglang untuk kita kenali.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang


Satu hal menjadi alasan mengapa kita harus kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang adalah setelah anda kunjungi kota Pandeglang kenali pemandangan berlatarkan Gunung Karang di sebelah Barat dimana merupakan satu dari sekian objek wisata menarik lainnya di Pandeglang. Adapun akses keluar masuk kota Pandeglang ada 4 yakni jalan raya Serang-Pandeglang di sebelah Utara, jalan raya Rangkasbitung di Timur, jalan raya Labuan di Selatan dan jalan wisata Gunung Karang di sebelah Barat. Ini akan banyak membantu apabila kita ingin kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang lebih jauh.

Sekitar Pandeglang terdapat Rangkasbitung, kota transit dari dan ke Bandung ataupun Jakarta sebagai jalur alternatif mencapai Pandeglang dimana terdapat sarana transportasi Kereta Api dari Jakarta sebagai pilihan angkutan untuk kunjugi Pandeglang. Jalan raya Rangkasbitung tak kalah uniknya, banyak aneka kedai dan pondok peristirahatan dengan suguhan jajanan khas untuk anda kunjungi bersama keluarga. Tak keinggalan cobalah kunjungi Labuan karena merupakan salah satu kota pusat perekonomian di kabupaten Pandeglang. Jadi tunggu apalagi mari kita kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang sekarang juga.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang



CAS Waterpark
CAS WaterparkKurang lebih 10 menit dari Alun-alun Pandeglang ajaklah keluarga untuk kunjungi objek wisata air CAS Waterpark Pandeglang Jl. AMD Lintas Timur, Sukaratu, Kp. Cikole, Kec. Majasari. Kenali objek wisata ini karena banyak sekali memiliki wahana menarik seperti kawasan Perkampungan Baduy, Alap Alap Baduy, Outer Space Car, sarana Outbond dan lain-lain. CAS Waterpark dilengkapi dengan 4 buah kolam renang utama, Wahana Kolam Bola, Wahana Kolam Berombak, Wahana Sepeda Layang, Wahana Motor Anak-Anak, Fun Kids Ride, Wisata Belanja dan Aksesoris. Selain itu ada objek Wisata Kuliner, Danau Angsa Dengan 25 Warung Terapung, Kawasan Taman Satwa, Saung, Gedung, Taman (free for use) serta fasilitas umum seperti Mushola, Kantin, Locker Room dan area parkir luas d an nyaman.

Cikoromoy
Pemandian CikoromoyDari Pandeglang ke arah jalan raya Labuan ±12km cobalah kunjungi objek wisata pemandian air pegunungan Cikoromoy guna melepas kepenatan setelah menjalani kesibukan kota besar. Ada dua jalur masuk untuk mencapai kawasan objek wisata pemandian air terkenal di Pandeglang, yaitu dari arah Pandeglang-Mengger naik m enuju ke Mandalawangi, sebelum mencapai Mandalawangi belok ke kiri, atau masuk dari Kecamatan Cimanuk-Cikoromoy melalui jalan desa yang tidak terlalu besar, hati-hati di kedua jalur masuk ini sering ramai oleh peminta-minta di sepanjang jalan. Cikoromoy adalah objek wisata pemandian (kolam renang), terletak di Kecamatan Cimanuk, Desa Batu Bantar, Kabupaten Pandeglang. Kenali tempatnya karena cukup sejuk, di sana terdapat dua kolam renang alam dengan air sangat jernih mengalir langsung dari sumber mata air Gunung Pulosari. Air bersih tersebut banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengairi sawah, memelihara ikan mas, nila, mujair, gurame dan lain-lain. Di sekeliling kolam tersebut berdiri banyak tempat makan dimana menyediakan menu-menu ala sunda, menu-menu khas tradisional yang sangat menggugah selera, misalnya gurame bakar, ikan mas goreng, sayur asem, angeun lada, dan lain-lain. Ikannya pun masih segar, karena langsung diambil dari kolam setempat dan langsung diproses saat itu juga. Selain adanya objek kolam alam tersebut, di luar lokasi wisata dibangun juga dua buah kolam pemandian lainnya, satu dikelola oleh masyarakat setempat dan lainnya dikelola oleh Disparda Kabupaten Pandeglang. Di kawasan Cikoromoy juga cobalah kunjungi objek wisata lain, yakni Ziarah Batu Qur'an. Tempat ini dapat dicapai dari arah Pandeglang melalui pintu masuk jalur Mengger, sebelum kita memasuki areal Cikoromoy, di sebelah kanan areal tersebut dengan sedikit menuru ni lembahnya.

Citaman
Pemandian CitamanMendekati Labuan kunjungi objek wisata Citaman, tempat pemandian alami sekaligus situs arkeologi dengan pemandangan sangat indah di sekelilingnya. Citaman sendiri merupaka n sebuah kolam megalitik, berada di lereng Gunung Pulosari, Desa Sukasari Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Di dalam kolam ini terdapat beberapa macam batu lumpang (dakon) dan pecahan keramik asing. Kolam ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu satu bagian untuk kaum laki-laki dan satu bagian lagi untuk kaum wanita. Kolam ini berukuran sekitar 350 m2. Pada zaman megalitik, kolam ini digunakan sebagai tempat me nsucikan diri sebelum melakukan ritual dimana batu goong berada. Situs Batu Goong Citaman terletak di sebelah barat Pulosari di Bukit Ka du Gunung Pulosari. Berdasarkan penelitian menunjukkan objek situs batu Goong Citaman merupakan satu kesatuan kompleks budaya dan periode. Di situs tersebut kunjungi pula objek batu bergores, disamping itu ditemukan pula pecahan keramik, kenali diantaranya keramik sung putih paling tua berasal dari akhir abad 16 M. Ada pula fragmen area yang diperkirakan dari abad ke-9 M. Konon, menurut warga setempat setiap malam maulid batu goong tersebut menghasilkan bunyi menyerupai bunyi gong terdengar hingga satu desa .

Mata Air Cikajayaan

Kenali lebih dekat lagi kawasan citaman terdapat objek wisata sumber mata air abadi Cikajayaan. Mata air ini adalah salah satu sumber air yang konon dipercaya dapat memberikan kesuksesan dan kejayaan bagi pemi numnya. Sumber ini terletak tidak jauh dari tempat batu goong berada dan kolam citaman atau berada diantara keduanya. Selain itu di tempat sama kunjungi objek situs batu berlubang. Kenali batu berlubang di komplek ini karena merupakan peninggalan pada zaman Hindu – Budha dan terbentuk akibat proses tetesan air dari 8 akar gantung dari sebuah pohon.

Pantai Carita
Pantai CaritaMelewati kota Labuan ke arah Utara tak lupa kunjungi objek wisata indah lainnya, Pantai Carita. Kenali pantai ini karena memiliki material dasar pasir putih agak kecoklatan dengan latar belakang gunung aktif Anak Krakatau. Terletak di jalur wisata alternatif jalan Labuan-Cilegon, Carita dapat dicapai melalui Tol Jakarta-Merak pintu keluar Cilegon Barat. Pantai Carita mempunyai kelebihan dan daya tarik tersendiri, selain kaya dengan wisata budayanya. Carita juga mengandalkan pantainya nan asri serta menawarkan sejuta pesona wisata laut dan wisata alam yang dapat menarik siapa pun pengunjungnya. Kunjungi kawasan di tepi Selat Sunda ini karena menjadi salah satu alternatif bagi warga perkotaan dan sekitarnya untuk melepaskan rasa penat setelah sepekan melakukan aktifitas rutin. Di sini pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang di laut, memancing, bermain Jetsky, banana boat, papan selancar, volley pantai, berperahu, atau sekedar duduk santai menikmati deburan ombak dan hembusan angin laut. Selain menawarkan keindahan pantainya, Pantai Carita memiliki pilihan Hotel atau Cottage di sepanjang pantainya, mulai dari hotel kelas melati hingga kelas berbintang semuanya tersedia di sini.

Curug Gendang
Curug GendangDari jalan raya Carita, dengan jarak 9 kilometer diperlukan waktu sekitar 30 menit berkendaraan tak lupa kunjungi air terjun Curug Gendang, terletak di areal wisata Perhutani tidak jauh dari Pantai Karangsari Carita. Kendaraan harus ditinggalkan di area parkir apabila pengunjung ingin menikmati jernihnya air Curug Gendang mesti rela berlenggang-ria alias berjalan kaki. Kenali jalan setapak berbatu dan licin akibat kelembaban hutan dataran rendah yang selalu membasahi jalan.Berada di ketinggian 170 meter dari permukaan laut dan jauh dari keramaian kota, suara gemuruh air terjun dengan mata air berasal dari hulu Gunung Pangajaran terasa sangat mempesona. Air terjun setinggi 7 meter dengan kedalaman 13 meter dan luas 10 meter berada di daerah Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten itu bernama Curug Gendang. "Curug" berarti air terjun dan menurut kepercayaan penduduk se tempat, suara jatuhnya air terjun itu mirip sekali dengan suara tambur atau gendang. Semula air terjun ini bernama Curug Citajur, akhirnya lebih dikenal dengan sebutan Curug Gendang.

Sekitar satu kilometer perjalanan berliku, menanjak dan menurun menuju lokasi akan menjadi pengalaman tak terlupakan karena sepanjang perjalanan pengunjung bisa menikmati indahnya hamparan pemandangan. Kenali berbagai macam tanaman yang tumbuh liar, seperti pohon durian dan sebagainya membawa suasana sejuk alami. Kicauan suara burung juga aneka satwa seperti monyet berkeliaran bebas memberi kesan keasrian lokasi Curug Gendang. Tidak hanya itu, dari jalan setapak di ketinggian ini pemandangan di antara lereng gunung dan pinggiran jurang menuju curug terlihat lautan yang terbentang luas, hijaunya pepohonan di kaki bukit bahkan Gunung Krakatau pun tampak di kejauhan membentuk panorama alam yang sangat eksotik. Tiba di lokasi, gemuruh dan percikan air terjun Curug Gendang mulai menyapa. Jernihnya air membuat siapapun pengunjung ingin segera menikmatinya dengan merendamkan kedua kaki setelah lelah berjalan. Airnya terasa segar dan menyejukkan, ingin rasanya merendamkan seluruh tubuh alias mandi. Pada waktu-waktu tertentu, jika kebetulan ada anak-anak warga sekitar berkunjung ke Curug Gendang, ada semacam atraksi menarik dari mereka yakni terjun bebas dan berenang di bawah air terjun. Mereka sangat pandai melakukan itu. Di sekitar lokasi ini juga tersedia areal yang kerap kali digunakan pengunjung untuk berkemah dengan hanya membayar Rp.10.000 per orang untuk satu malam. Bagi mereka yang ingin merasakan petualangan di alam luar, menginap di lokasi Curug Gendang adalah pilihan yang tepat.

Tanjung Lesung

Tanjung Lesung

Lebih ke Selatan kota Labuan berbelok ke barat kunjungi pula objek wisata pantai Tanjung Lesung. Ada dua alternatif rute yang dapat ditempuh untuk mencapai Tanjung Lesung, yakni melalui pintu keluar Serang Timur tol Jakarta-Merak ke arah Pandeglang lalu ke Labuan kurang lebih memakan waktu 2 jam atau melalui pintu keluar Cilegon Timur ke arah Carita kemudian terus menuju Labuan. Kenali keduanya karena menawarkan sensasi perjalanan berbeda sama sekali yakni persawahan serta gunung-perbukitan dan lainnya pesisir pantai nan indah. Sebelum mencapai kawasan tersebut dalam perjalanan dari kota Labuan, pengunjung disambut petani coklat sekaligus penjaja bibit coklat di pinggir jalan dan banyak desa nelayan berbudi-daya garam di mana memberi rasa sensasi tersendiri. Pantai Tanjung Lesung sendiri memiliki panorama pantai alami dan indah berpasir putih serta berkarang unik. Suasana tentram serta kondisi air tenang dan jernih di kawasan wisata ini sangat mendukung kegiatan olahraga air seperti snorkling, diving, jet ski, banana boat, glass bottom boat, water ski, wakeboard, sunset boat trip, sea kayaking, pedal boat, fishing dan diving lesson.

Tanjung Lesung ResortSelain kegiatan air, tempat ini juga menyediakan berbagai kegiatan darat seperti Krakatau trip dengan durasi 6 jam, Ujung Kulon trip dengan durasi 8 jam, horse riding, horse trekking, horse bathing dan picture taking. Di bagian utara tanjung merupakan daerah perbukitan tidak begitu curam. Di sini terdapat bagian laut menjorok ke pantai sehingga membentuk laguna, bagian air laut membentuk seperti danau seluas 12 ha dan kedalaman hingga 5 meter dengan kondisi air begitu tenang. Alam nan hijau dan angin tepi pantai berpasir putih serta pilihan fasilitas hotel beragam dengan nuansa alami membuat siapa pun pengunjungnya enggan beranjak pergi dan tetap tinggal lebih lama serta berharap suatu saat nanti kan kembali lagi.

Pantai Bama
Selain itu kunjungi pula Pantai Bama, suatu kawasan wisata yang tengah dipersiapkan untuk tujuan wisata bawah laut. Kenali taman laut yang banyak terdapat di sekitar pulau Popole dan Liwungan. Kenali juga berbagai macam satwa laut, ikan hias, terumbu karang cantik dan unik.

Pantai Ciputih
Pantai CiputihBerbelok ke arah barat cobalah untuk kunjungi kawasan wisata pantai yang terletak di ujung Barat pulau Jawa. Kenali berbagai Pantai Indah berpasir putih seperti Pantai Legon, Pantai Sumur, Pantai Muara Baru Tanjungan, Pantai Dadap Langun, Pantai Keusik Panjang dan Pantai Ciputih serta pulau-pulau kecil yang memiliki keindahan dasar laut seperti Pulau Umang, Pulau Oar, Pulau Mangir dan Pulau Badur.

Taman Nasional Ujung Kulon
Pantai Ujung KulonLebih ke Selatan arah Barat Daya tak ketinggalan kunjungi Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kenali wilayahnya yang meliputi hutan lindung dan perairan sangat luas. Kawasan ini juga memasukan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Handeuleum, Pulau Peucang, Pulau Panaitan, Gunung Honje Utara dan Taman Jaya dengan luas keseluruhan 136,655 ha. Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah dideklarasikan oleh UNESCO sebagai salah satu Warisan Dunia (Natural World Heritage Site) pada tahun 1992. Ujung Kulon sendiri pada awalnya adalah daerah pertanian selama beberapa masa hingga akhirnya hancur lebur dan punah seluruh populasinya akibat tsunami ketika Gunung Krakatau meletus pada tanggal 27 Agustus 1883 yang kembali mengubah kawasan ini menjadi hutan.
Kenali pula Taman Nasional Ujung Kulon karena merupakan habitat dan tempat perlindungan sejumlah satwa langka yang terancam kepunahannya diantaranya adalah Badak Jawa (Rhinoceros Sondaicus). Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini. Terdapat juga jenis Flora dan Fauna Langka lainnya. Izin untuk masuk untuk kunjungi Taman Nasional ini dapat diperoleh di Kantor Pusat Taman Nasional di Kota Labuan atau Tamanjaya. Adapun tempat penginapan yang bisa anda kunjungi tersedia di Pulau Handeuleum dan Peucang.

Pulau Panaitan
Pulau PanaitanSebelah Utara Ujung Kulon coba kunjungi dan kenali Panaitan, adalah sebuah objek wisata pulau yang terletak di sebelah barat Laut Jawa, termasuk kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Antara Pulau Panaitan dan Pulau Jawa dibatasi oleh Selat Panaitan. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten. Di Panaitan terdapat bukit-bukit yang diselimuti oleh hutan tempat berlindung berbagai macam satwa liar, seperti rusa, babi hutan, monyet, ular phyton dan burung-burung. Kenali beberapa jenis satwa perairan seperti buaya air tawar dan kadal raksasa juga dapat ditemui disini. Salah satu bukit tinggi di kawasan objek wisata ini dikenal sebagai Gunung Raksa, dimana dapat ditemui patung-patung Hindu purba di puncaknya. Garis pantai Pulau Panaitan dihiasi dengan pantai pasir yang terhampar luas secara alami menciptakan beberapa lokasi objek wisata bawah laut seperti menyelam scuba untuk menikmati terumbu karang dan mimiliki gelombang ombak yang hebat untuk para peselancar kunjungi. Kenali salah satu tempat penyelaman terkenal di kawasan objek wisata ini berupa terumbu karang Batu Pitak dekat Legon Butun. Namun, karena kuatnya arus dan faktor-faktor alam lainnya, menyelam di sekitar Pulau Panaitan tidak direkomendasikan untuk penyelam pemula.

Gunung Karang
Gunung KarangSebelah barat Pandeglang coba kunjungi objek wisata menarik alam pegunungan berhawa sejuk dan kenali Gunung Karang berupa gunung pasif yang sudah sekian lama tertidur hingga saat ini menjadi kawasan andalan wisata Pandeglang. Satu yang terkenal masih berada dalam kawasan tersebut adalah "sumur tujuh", terbentuk dari kawah gunung dengan beraneka warna dan konon menurut warga setempat airnya memberikan khasiat.

Cisolong
CisolongDi kawasan objek wisata Gunung Karang kunjungi juga Pemandian air panas belerang objek wisata Cisolong. Kenali pemandian alam air panas dengan sumber mata air belerang dari Gunung Karang, yang terdapat di Kecamatan Kaduhejo 10 km dari Kota Pandeglang.

Serta masih banyak lagi tempat atau kawasan objek wisata menarik lainnya yang belum terekspos media secara luas dan masih menunggu untuk dikenalkan pada setiap orang agar bisa kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang. Oleh karenanya semakin banyak anda tahu akan objek wisata yang ada di Pandeglang, semakin mudah dan ingin anda Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang.

Untuk mendapatkan info terkini mengenai Pandeglang dan objek wisatanya, kunjungilah situs cintapandeglang.com

6 komentar:

  1. salam kenal. keep spirit, posting and sharing. Thanks

    BalasHapus
  2. Sebuah naskah kontes tentang kenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang yg lumayan panjang.
    Semoga sukses...

    salam.

    BalasHapus
  3. Kenali dan kunjungi obyek wisata di Pandeglang. Betul itu... let's recognize and visit the tourism object in Pandeglang. Grammar gw lebih bagus dari Google translate, ya tho?

    BalasHapus
  4. www.krakatoa-tour.com

    Carita Beach is the main gate to explore Ujung Kulon and Krakatau. It is about 4 hour drive from Jakarta. And Anak Krakatoa Eco Tour is one of Tour Operator and Tour Organizer at Carita Beach ready to escort and arrange your vacation in West Coast of Banten Indonesia. Being a part of this industry for more than a decade, we have understood the laws of nature and how it functions. So far we have been collaborated with a few organization namely WWF – Ujung Kulon national Park ( world wide fund) which are playing a similar role in conserving nature. Our role starts with responsible tourism among the domestic and international travelers. Responsible EcoTourism would help you to come closer to the nature while supporting the local people and the environment.



    Our aim is simple: to give the people, that have been traveling with us, the feeling of wanting to come back, on another tour with Anak Krakatao Eco Tour. In order to do so, we offer you professional, personalized first-class service to provide you the best possible volcano and wildlife experience:

    Visiting active volcanoes and wildlife can be physically demanding; getting to some of the most interesting locations can involve strenuous exertion and some physical discomfort. However, the unforgettable experience of visiting these wonderful sites is well worth the effort. The physical demands vary from tour to tour, but our programs are flexible enough to allow modifications to accommodate not only the group's interests and physical capabilities, but also weather changes, volcanic activity, and other external factors.W

    BalasHapus
  5. Mohon petunjuk rute untuk ke cisolong pemandian air panas dari arah alun2 pandeglang ke arah mana lagi harus saya tempuh ?? terimakasih

    BalasHapus